Minggu, 11 Juni 2017

Azolla Sebagai Penyerap CO2
Azolla berpotensi besar menyerap CO2 di Udara/ atmosfer karena pertumbuhannya yang cepat di air tawar tanpa memerlukan sumber nitrogen berbasis tanah. Karbon yang terserap menjadi  biomassa Azolla lalu menghasilkan siklus biologis yg dikonversi menjadi produk karbon padat.
 Jadi, tidak membutuhkan /mengganggu  lahan  tanaman pangan , biofuel atau ekosistem alami seperti hutan hujan.
Banyak  penelitian berfokus hanya  pada produksi nitrogen Azolla yang berkaitan dengan pemupukan padi , sedikit mengenai potensi penyerapannya terhadap CO2, salahsatunya
Percobaan dilakukan oleh Azolla Foundation dan Associate Alexandra Bujak yang bekerja dengan Azolla BioSystems Ltd
untuk menghitung jumlah CO2 yang dapat diserap oleh Azolla filiculoides. menunjukkan bahwa Azolla  menyerap  32,54 metrik ton CO2 / hektar / tahun setelah 18 hari pertumbuhan dengan  awal 10% dari Azolla filiculoides.
Perbandingan  penyerapan oleh tanaman dan ganggang lainnya
Data  Ben-Amotz (2008), Dawson & Smith (2007) dan studi Alexandra Bujak ,menunjukkan perkiraan nilai serapan rata-rata berikut untuk padang rumput  di Inggris, [2] hutan di Inggris, [3] alga yang diamati (Dunaliella ), [4] 'Produktivitas Alga Maksimal Teoritis' dan [5] mengamati Azolla dan [6] Theoretical Maximum Azolla:

[1] Padang rumput di  Inggris menyerap  1 ton CO2 / ha / tahun
[2] hutan di Inggris menyerap 4 ton CO2 / ha / tahun
[3] Ganggang yang diamati (Dunaliella) menyerap 7 ton CO2 / ha / tahun
[4] Produktivitas Alga Maksimal Teoritis menyerap 70 ton CO2 / ha / tahun
[5] Observasi Azolla (studi Bujak) menyerap 32,5 (diperkirakan 30) ton CO2 / ha / tahun
[6] Azolla Teoritis Maksimum: Produktifitas menyerap 55 sampai 60 ton CO2 / ha / tahun

Nilai penyerapan CO2 o leh Azolla diteliti oleh Alexandra Bujak dibandingkan dengan tanaman dan ganggang lainnya.
.
Kesimpulannya   penyerapan Azolla terhadap CO2  yang diamati sebesar 32,5 metrik ton CO2 / ha / tahun kira-kira:
30 kali dari padang rumput di Inggris
8 kali dari hutan di Inggris
Sekitar 4,5 kali yang diamati pada alga Dunaliella
Sekitar setengah dari 'Produktivitas Alga Maksimal Teoritis' yang dihitung oleh Ben-Amotz (2008).
Bahkan tingkat pertumbuhan Azolla yang lebih tinggi dapat dicapai melalui kombinasi faktor biologis, kimia dan fisik.
Ini termasuk pemilihan hibrida dengan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, suhu optimum, kelembaban relatif, pH, intensitas cahaya, fotoperiod, dan peningkatan CO2 (misalnya di lokasi pembuangan industri CO2).
Peters dkk. (1980) mengamati bahwa Azolla dapat melipatgandakan biomassanya dalam waktu kurang dari dua hari dan  telah dikonfirmasi oleh riset Azolla BioSystems.
Dengan waktu dua kali lipat satu sampai dua hari Azolla akan menyerap  55 sampai 60 ton CO2 / ha / tahun (tercantum di atas sebagai 'Maximum Theoretical Azolla Productivity'). Nilai ini mendekati 'Produktivitas Alga Maksimal Teoritis' dari 70 ton CO2 / ha / tahun yang dihitung oleh Ben-Amotz (2008).



Keuntungan dari penyerapan secara fisik-kimia
Salah satu metode yang diusulkan,metode penyerapan CO2 kimia-mekanis
Pengambilan dan penyimpanan CO2 pada Azolla memiliki keunggulan besar dibanding metode Penangkapan dan Penyimpanan Karbon lainnya yang menggunakan metode kimia mekanis (C-M).
metode CM mengusulkan cerobong asap besar yang menarik udara, dengan CO2 yang diserap oleh mineral dan kemudian diangkut sebagai gas CO2 untuk penyimpanan bawah tanah seperti metode CM lainnya, ini memerlukan area yang luas untuk penyimpanan bawah tanah, pemilihan lokasi geologi yang cermat, dan infra jaringan pipa -struktur untuk mengangkut gas.
Keunggulan  Azolla dibanding metode diatas adalah mengubah CO2 yang diserap menjadi produk karbon padat / biochar yang dapat dengan mudah diangkut dan disimpan secara permanen.

Penyerapan biologis Azolla dari CO2 di atmosfer.

Sumber : http://theazollafoundation.org/azollas-uses/as-a-co2-sequester/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beberapa penggunaan Azolla di Bolivia Anak-anak pendidikan dasar sudah dikenalkan dan didemonstrasikan proyek Azolla di Bolivia Teks ...