Minggu, 04 Juni 2017

Kegunaan Azolla
1.    1.   Pupuk Bio
Nitrogen adalah salah satu unsur paling penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhannya. kandungan nitrogen Azolla yang tinggi pada Azolla  membuatnya menjadi  pupuk bio ideal.
Meskipun nitrogen berlimpah di atmosfer bumi, tetapi hanya sedikit tanaman yang dapat berasimilasi dengan nitrogen secara langsung  dari atmosfer , sebagian besar tanaman memperoleh nitrogennya dari senyawa kompleks di dalam tanah.
Pupuk buatan menambahkan nitrogen  ke dalam tanah dan itu mungkin organik (terdiri dari bahan organik) atau anorganik (terbuat dari bahan kimia anorganik sederhana atau mineral).
Pupuk nitrogen anorganik sebagian besar disintesis dengan Proses Haber-Bosch , hasil panen tinggi yang dicapai  pertanian modern di seluruh dunia  hanya dimungkinkan dengan penggunaan pupuk nitrogen anorganik/buatan.. Hampir 100 juta ton pupuk nitrogen buatan dibutuhkan  per tahun  untuk mempertahankan hasil ini (lebih dari sepuluh kali jumlah yang digunakan di tahun1961.
Proses Haber-Bosch dan peningkatan populasi

                                                                    Proses Haber-Bosch 
Proses Haber-Bosch salahsatu penemuan penting abad ke-20 -  ledakan populasi dan mendorong populasi dunia dari 1,6 miliar( tahun 1900) menjadi 7 miliar (tahun 2011) - namun bagai pedang bermata dua.
Untuk memberi makan populasi dunia kita terjebak  dalam  proses kimia buatan yang memiliki banyak efek merugikan pada Sistem Bumi.
1    Kurang dari separuh nitrogen yang diberikan oleh pupuk kimia dimanfaatkan oleh tanaman dan sisa nitrogen tersebut masuk ke tanah dan air tawar yang menyebabkan kerusakan besar pada satwa liar.
Aliran  ke lautan juga menyebabkan plankton laut berkembang biak dalam jumlah banyak, namun miliaran plankton menguras oksigen, menyebabkan kematian massal plankton dan kehidupan laut lainnya. Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengidentifikasi zona-zona mati ini sebagai salah satu ancaman lingkungan yang paling signifikan yang dihadapi dunia dengan ukuran mencapai lebih dari 70.000 kilometer persegi.
2.      Pupuk kimia juga berkontribusi terhadap gas rumah kaca karena pupuk nitrogen yang tidak terserap berubah menjadi nitrous oxide - gas rumah kaca 200 sampai 300 kali lebih efektif menjebak panas karbon dioksida.
Apakah ada jalan keluar dari perangkap ini yang telah kita buat untuk kita sendiri?
Solusi 
Tanah biofertil

Pupuk hayati dan pupuk organik
 Pupuk hayati dan pupuk organik adalah pupuk alami yang memperbaiki tanah dengan berbagai cara yang tidak ada pada pupuk kimia , tidak memiliki efek samping negatifnya.
Pupuk organik adalah bahan organik mati asal hewan, tumbuhan dan mikroba yang menyediakan nutrisi tanaman.
Pupuk Bio adalah organisme hidup yang terus memberikan nutrisi saat mereka hidup. juga menyediakan mikroorganisme hidup ke tanah, menghasilkan gusi, wax, dan resin yang tahan terhadap dekomposisi, membantu membantu mengikat partikel tanah sebagai butiran / agregat.
Tumpukan tanah yang teragregasi dengan baik sehingga mudah diolah dengan baik dan mampu menghasilkan lebih banyak bahan organik. Tanah kaya organik kaya nutrisi secara biologis alami sehingga  cepat menyerap dan menahan air  hujan, mengurangi penguapan  dan cenderung tidak terkikis.
Hal ini akan mengurangi jumlah limpasan dan banjir yang menjadi ciri berulang dari cuaca kita.
Sumber biofertilizers
Kacang polong, yang  memiliki biji di dalam polong adalah biofertilizers yang paling umum digunakan, “ pupuk hijau musim panas “.
Kacang polong mengandung eubacterium simbiosis non-fotosintetik ( Rhizobium) yang mendapat nitrogen langsung dari udara, tetapi, hubungan  diperbarui setiap generasi. (bedanya dengan Azolla)
Cyanobacteria Azolla langsung ditransmisikan ke generasi berikutnya selama siklus reproduksi tanaman sehingga kedua organisme tersebut telah berkembang bersama  selama jutaan tahun, menghasilkan superorganisme yang sangat efisien.

Sehingga Azolla-Anabaena bisa memperbaiki hampir 3 kali lebih banyak nitrogen di udara/ atmosfer daripada kacang polong. Kemampuan  kacang polong adalah 400 kg nitrogen per hektar per tahun sedangkan Azolla-Anabaena adalah 1100 kg nitrogen per hektar per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beberapa penggunaan Azolla di Bolivia Anak-anak pendidikan dasar sudah dikenalkan dan didemonstrasikan proyek Azolla di Bolivia Teks ...